Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1432 H

Halaman

Sabtu, 06 Agustus 2011

Walikota Pematangsiantar Buka Bimbingan Teknis Operator e-KTP


http://www.analisadaily.com/functs/viewthumb.php?id=walikota_pematangsiantar_buka_bimbingan_teknis_operator_e-ktp_385.jpeg&w=360
 
Pematangsiantar  Guna menyukseskan penerapan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik di Kota Pematangsiantar, Pemko Pematangsiantar, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi para operator e-KTP.

Bimtek dibuka Walikota Hulman Sitorus SE diwakili Asisten I Jumadi SH di Convention Hall Siantar Hotel, Kamis (4/8).

Walikota dalam sambutannya dibacakan Asisten I Jumadi SH mengatakan, bimtek sangat penting karena penerapan KTP elektronik merupakan amanat dari Undang-Undang No 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan serta pelaksanaan dari Peraturan Presiden (PP) No 35 Tahun 2010 tentang Penerapan KTP Elektronik.

"Dari tiga program strategis nasional yang harus kita sukseskan yakni pemutakhiran data, penerbitan NIK, dan penerapan KTP elektronik, Kota Pematangsiantar telah melaksanakan dua program tersebut dan akan melaksanakan penerapan KTP elektonik yang akan berjalan efektif", ujar walikota.

Karenanya, pinta Walikota, sangat dibutuhkan kerjasama yang solid antara pihak ketiga yakni konsorsium dengan seluruh operator peserta Bimtek, karena keberhasilan program ini adalah keberhasilan kita semua dalam mendukung program nasional itu, ujarnya seraya mengharapkan kegiatan Bimtek menghasilkan operator yang handal dan mahir dalam mengoperasikan perangkat yang akan digunakan pada pelayanan e-KTP termasuk mengatasi berbagai permasalahan yang timbul dalam pengoperasian perangkat itu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pematangsiantar Drs Esron Sinaga MSi mengatakan, Bintek operator pelayanan e-KTP ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 4-5 Agustus 2011, peserta sebanyak 46 orang terdiri dari petugas operator 34 orang, dan petugas operator cadangan 12 orang. Yang nantinya akan di bimbing oleh instruktur dari PT Scofindo.

"Bimbingan teknis bertujuan memberikan bimbingan, pembelajaran sekaligus praktek dan pelatihan terhadap tenaga operator pelayanan KTP Elektronik tentang mekanisme serta teknis pelaksanaan penerbitan KTP Elektronik", ujar Esron Sinaga..

Pihak konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) Bagan Napitupulu mengatakan, pelatihan dengan proses pembelajaran pengenalan perangkat-perangkat lunak dan tata cara pengoperasiannya.

"KTP elektronik merupakan KTP yang punya spesifikasi dan format KTP nasional dengan sistem pengamanan khusus. KTP berbasis NIK ini berlaku sebagai identitas resmi yang diterbitkan dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten/kota", ujar Bagan Napitupulu.(tps)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar